Kelas 7 : 13.LIMBAH LUNAK

 Limbah Lunak



Sebagai generasi muda, kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan hidup perlu ditanamkan sejak dini. Tantangannya ke depan membutuhkan usaha dan kreativitas kita untuk memperbaiki kondisi lingkungan menjadi lebih baik. Pengetahuan dan pemahaman tentang lingkungan hidup perlu dipelajari lebih dalam sehingga solusi limbah untuk masa depan dapat teratasi berdasarkan analisa yang tepat dan akurat

Perubahan perilaku terhadap pengolahan limbah seharusnya sudah mulai dapat dikondisikan melalui proses pemilahan limbah organik dan anorganik.Hal ini merupakan perilaku cerdas sebagai peningkatan kualitas hidup manusia. Partisipasi untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan serta kreativitas kita sangat dibutuhkan

Berpikirlah sejenak tentang membuat karya kerajinan yang mungkin menjadi alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Selain dapat mengurangi limbah di lingkungan sekitar, kerajinan dapat menjadi aset budaya bangsa yang dapat menambah devisa negara.

Siapa tahu hasil kreativitasmu membuahkan berkah untukmu di kemudian hari karena telah menyelamatkan lingkunganmu dari bahaya pencemaran limbah


Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Lunak


Setiap makhluk hidup di bumi dalam proses kehidupannya merupakan penyumbang terbesar dari sampah atau limbah. Sampah adalah suatubahan yang terbuang atau dibuang dari hasil aktivitas manusia seharihari maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis. 

Sampah merupakan limbah padat, dengan sampah dan tempatnya yang tidakteratur di suatu tempat dapat merubah pemandangan menjadi tidak indah,menghasilkan bau tidak sedap dan tentunya dampaknya akan merusak lingkungan.

Limbah dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, berikut ini.

1. Berdasarkan Wujudnya / fisiknya, limbah terdiri dari;

a. Limbah gas, merupakan jenis limbah yang berbentuk gas. Contoh limbah dalam bentuk gas antara lain: karbon dioksida (CO2), karbonmonoksida (CO), HCL, NO2, dan SO2.

b. Limbah cair, adalah jenis limbah yang memiliki fisik berupa zat cair.Misalnya air cucian, air hujan, rembesan AC, air sabun, dan minyakgoreng buangan.

c. Limbah padat, merupakan jenis limbah yang berupa padat. Contohnyakotak kemasan, bungkus jajanan, plastik, botol, kertas, kardus, danban bekas.

2. Berdasarkan sumbernya

Berdasarkan sumbernya limbah bisa berasal dari:

a. Limbah pertanian, limbah yang ditimbulkan karena kegiatan pertanian.

b. Limbah industri, merupakan limbah yang dihasilkan oleh pembuangankegiatan industri.

c. Limbah pertambangan, limbah yang asalnya dari kegiatan pertambangan.

d. Limbah domestik, merupakan limbah yang berasal dari rumah tangga,pasar, restoran dan permukiman-permukiman penduduk yang lain.

3. Berdasarkan senyawanya

Berdasarkan senyawa limbah dibagi lagi menjadi dua jenis sebagai berikut.

a. Limbah organik, merupakan limbah yang bisa dengan mudah diuraikanatau mudah membusuk. Limbah organik mengandung unsur karbon.Limbah organik dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Contohnyakulit buah dan sayur, kotoran manusia dan kotoran hewan.

b. Limbah anorganik, adalah jenis limbah yang sangat sulit atau bahkantidak bisa untuk diuraikan atau tidak bisa membusuk. Limbah anorganiktidak mengandung unsur karbon. Contoh limbah anorganik adalahplastik, beling, dan baja.

Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan harus diidentifikasiterlebih dahulu. Setelah memahami jenis limbah kita dapat mengelompokkanjenis limbah organik dan anorganik yang dapat dimanfaatkan sebagai produkkerajinan. Limbah baik organik maupun limbah anorganik memerlukanpengelolaan secara kreatif untuk dapat menghasilkan produk kerajinanyang bernilai tinggi.

Kita dapat mengelompokkan jenis limbah organik dan anorganik yang dapat dimanfaatkan sebagai produkkerajinan. Limbah baik organik maupun limbah anorganik memerlukan pengelolaan secara kreatif untuk dapat menghasilkan produk kerajinanyang bernilai tinggi

Indonesia memiliki banyak bahan dasar limbah yang dapat dijadikan karya kerajinan. Produk kerajinan dari bahan limbah Indonesia yang beragam,kreatif, inovatif, dan selalu berkembang telah dikenal di mancanegara. Oleh sebab itu Indonesia dikenal sebagai negara eksportir terbesar kerajinan yang dibuat oleh tangan (handmade)


Materi juga dapat dipelajari melalui link berikut ini :

https://sway.office.com/zl0Zm4uTFxIH6ykt?ref=Link

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 8 : Membuat Karya Kerajianan Bahan Limbah Keras

Kelas 7 : 4. Syarat perancangan benda kerajinan

Kelas 8 : 14.Membuat Karya Kerajinan Limbah Keras