Kelas 8 : 12. Proses Produksi Kerajinan Bahan Limbah Keras (Anorganik)

 

Proses Produksi Kerajinan Bahan Limbah Keras

Pertemuan 12 (lanjutan)



Kerajinan Bahan Limbah Keras Anorganik

Limbah keras anorganik yang dapat didaur ulang yaitu plastik,pecahan keramik, pecahan kaca, dan potongan logam. Limbah yang masih layak pakai dapat dimanfaatkan kembali menjadi karya kerajinan. Jika limbah sudah beralih manfaat menjadi barang kerajinan, secara ekonomi nilainya akan meningkat.

Proses recycle (mendaur ulang) limbah keras anorganik menjadi karya kerajinan, agar kita dapat membantu menyelesaikan masalah polutan di lingkungan kita. Mulailah dari sekarang, untuk hidup yang lebih baik! 


KERAJINAN LIMBAH PRASTIK


Bahan pembuatan kerajinan limbah plastik :

Bahan pembuatan kerajinan bahan keras limbah plastik terdiri atas aneka plastik dengan kekerasan tertentu, cat semprot, dan lem tembak

Alat pembuatan kerajinan limbah plastik :

Alat pembuatan kerajinan bahan keras limbah plastik terdiri dari gunting, lem tembak, cutter, dan solder

Produk kerajinan dari limbah plastik

Berbagai bentuk dapat di buat dari limbah-limbah plastik menjadi bentuk baru dengan nilai tambah di dalamnya.Produk kerajinan tersebut berupa aneka perabotan rumah tangga, hiasan interior, vas, kap lampu, maupun bentuk baru berupa mainan anak antara lain, kendaraan, senjata, mainan masak-masakan, dan boneka


KERAJINAN LIMBAH PECAHAN KERAMIK


Limbah pecahan keramik dapat dimanfaatkan dengan teknik mozaik, yaitu menempel potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah. Berbagai karya yang dapat dihasilkan dari limbah pecahan keramik di antaranya keranjang sampah, vas bunga, hiasan dinding, dan wadah serbaguna

Bahan pembuatan kerajinan limbah pecahan keramik

Bahan pembuatan kerajinan limbah pecahan keramik diantaranya keramik yang sudah terpecah belah dengan warnaberagam, lem kuning, dan mortar atau semen putih.

Alat pembuatan kerajinan limbah pecahan keramik

Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan limbah pecahan keramik adalah palu, amplas, waslap, sendok semen,dan karet sandal bekas.

Produk kerajinan limbah pecahan keramik

Produk kerajinan limbah pecahan keramik yang banyak dibuat orang hanya sebatas pelengkap estetika sebuah benda. Misalnya vas yang ditambah hiasan mozaik pecahan keramik sebagai unsur hiasan. Dinding dan potongan-potongan lantai yang dibuat dengan cara yang sama sebagai elemen keindahan interior


KERAJINAN LIMBAH PECAHAN KACA


Kaca bekas dapat diambil dari botol maupun piring, mangkuk,gelas sebagai limbah rumah tangga.

Bahan pembuatan kerajinan dari limbah pecahan kaca

Bahan yang digunakan pada pembuatan kerajinan dari limbah pecahan kaca adalah pecahan kaca yang berasal dari botol, toples, lampu, dan kaca cermin.

Alat pembuatan kerajinan dari limbah pecahan kaca

Alat yang digunakan sangat bergantung pada produk yang akan dibuat. Jika produk yang akan dibuat menggunakan teknik pemanasan/pembakaran, maka yang dibutuhkan adalah tungku pembakaran, palu, karung, dan mangkuk keramik.

Produk kerajinan dari limbah pecahan kaca

Produk kerajinan dari limbah pecahan kaca banyak dihasilkan bentuk-bentuk asesoris. Ada pula yang dijadikan hiasan pada vas dan bingkai foto dengan menerapkan teknik tempel mozaik seperti halnya limbah pecahan keramik.



Materi lengkap : https://sway.office.com/1FbymesH6Qq5LTeE?ref=Link

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 8 : Membuat Karya Kerajianan Bahan Limbah Keras

Kelas 7 : 4. Syarat perancangan benda kerajinan

Kelas 8 : 14.Membuat Karya Kerajinan Limbah Keras