Perangkat Keras - Hardware

Perangkat Keras - Hardware



Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud fisik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori dan penyimpan (storage). Perangkat keras terdiri atas :

1. Perangkat Masukan (Input Devices)

Peranti masukan adalah peranti yang mengirimkan data ke komputer untuk diolah. Jenis-jenis peranti masukan ialah seperti berikut.

Mouse atau tetikus
Mouse atau tetikus digunakan untuk menggerakkan dan mengatur posisi kursor di layar komputer.
Pengoperasian 
mouse dapat dengan beberapa cara.
Tunjuk (
Point), posisikan: Mouse akan menunjuk ke suatu objek antarmuka di layar komputer.
Klik kiri (
Left Click): Menekan tombol mouse sekali dan segera melepaskannya.
Klik ganda (
Double Click): Menekan tombol mouse dua kali berurutan dengan cepat tanpa menggeser
mouse.
Klik kanan (
Right Click): Klik kanan dapat dilakukan satu kali untuk menampilkan menu tertentu.
Seret (
Drag): Digunakan untuk memindahkan suatu objek antarmuka seperti gambar, icon, teks,
dan sebagainya. Caranya dengan menunjuk objek yang akan dipindah sambil menekan tombol kiri
mouse, lalu geser mouse sesuai yang dikehendaki. Setelah sampai pada bagian yang dikehendaki
tombol 
mouse dilepas.

Keyboard
Keyboard atau papan tombol adalah alat yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkan karakter (character) ke dalam komputer. Karakter tersebut 
berupa huruf, angka, dan simbol. Keyboard konvensional memiliki beberapa kelompok tombol berikut.
a. Typewriter Keys: tombol untuk mengetik, yang terdapat huruf (alfabet), angka (numerik), dan tanda baca (punctuation).
b. 
Functions Keys: tombol F1 sampai dengan F12 yang terletak di keyboard bagian atas untuk fungsi khusus.
c. 
Numeric Keypad: tombol khusus angka (numeric), tombol operator aritmatika seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan. Numeric keypad juga memiliki pengendali kursor jika tombol numlock hidup.
d. 
Cursor control keys: tombol untuk mengendalikan kursor.
e. 
System keys: tombol yang berkaitan dengan sistem.
f. 
Application keys: tombol yang berkaitan dengan aplikasi.
g. 
Enter Keys: Tombol Enter.
h. 
Other: Tombol lain seperti deleteinsert, dan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 8 : Membuat Karya Kerajianan Bahan Limbah Keras

Kelas 7 : 4. Syarat perancangan benda kerajinan

Kelas 8 : 14.Membuat Karya Kerajinan Limbah Keras